Kreativitas bukan potensi manusia?Apa benar…?

Sebelumnya saya pernah menulis kualitas yang perlu dimiliki seorang pengusaha. Kamu bisa lihat dulu atau kalau tidak sabaran terus baca aja.

Setiap orang dilahirkan dengan potensi masing-masing. Kemampuan ini yang membedakan orang yang satu dengan yang lainnya. Kamu pasti pernah belajar sejarah bukan? Baik di SMP maupun SMA. Kehidupan masyarakat primitif memanfaatkan potensi alam sekitar untuk memenuhi kebutuhan. Dari mulai makan, sandang bahkan papan. Mereka juga sadar akan keterbatasan sumber daya alam, makanya mereka mencari solusi untuk memanfaatkan keterbatasan yang ada. Mereka mulai bercocok tanam yang sebelumnya hanya mendapatkan dari alam. Apakah mereka bisa disebut manusia yang kreatif? Jawab dalam hati aja ya,:)

Kembali ke jaman moderen. Pasti kamu tau jika setiap manusia pasti memiliki potensi kreativitas yang berbeda-beda. Tidak semua potensi manusia bisa terwakili dengan ijazah atau rapor. Tidak berarti kamu tidak boleh pintar, tapi kamu perlu menyadari bahwa nilai yang bagus bukan satu-satunya jaminan untuk bisa sukses. Sering orang dari segi akademis yang kurang menonjol, tapi sukses menjadi pengusaha/entrepreneur.

Mengapa mereka bisa sukses, walaupun akademisnya biasa-biasa saja? Tentu jawabannya mereka adalah orang yang kreatif dan memiliki semangat untuk sukses. Dari tadi bicara terus soal kreatifitas melulu. Oke, sebetunya kreativitas itu apa sih? Kok mereka bisa sukses dengan kreativitasnya masing-masing.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kreatifitas diartikan sebagai kemampuan mencipta atau daya cipta. Ada juga pendapat George P. Boulden dalam bukunya “Mengembangkan Kreativitas Anda” menyebutkan bahwa kreativitas adalah proses menantang ide-ide dan cara-cara melakukan hal-hal yang sudah diterima untuk menemukan solusi atau konsep baru. Jadi kreativitas akan memunculkan hal-hal baru yang belum ada sebelumnya atau menambah nilai sesuatu yang telah ada agar memiliki nilai yang lebih.

Manfaat Kreativitas
Mengapa kita perlu berkreasi?Apa sih manfaat yang didapat dari berkreasi bagi kita? Tentu sangat banyak, tidak hanya bagi individu, tapi juga pada masyarakat luas. Setidaknya ada 6 manfaat yang akan kita dapat, diantaranya:
1. Membuat Hidup Lebih Indah
Kreativitas akan membuat hidup lebih indah karena kamu akan dikelilingi oleh hal-hal yang bervariasi, tidak monoton. Melakukan hal kreatif akan memberikan sesuatu yang baru dan segar.
2. Meningkatkan Apresiasi Terhadap Ide Orang Lain
Orang yang kreatif pasti bisa menerima dan menghargai ide-ide orang lain, tanpa memandang siapa pun yang memberikan ide tersebut. Berbeda dengan orang yang tidak menghargai ide, setiap ada ide baru ia akan mencibir atau bahkan menganggapnya konyol. Bagaimana dengan anda?
3. Salah Satu Faktor Kesuksesan Usaha
Dalam dunia bisnis kreativitas menjadi salah satu faktor kesuksesan usaha. Semua usaha memerlukan kreativitas, mulai dari penciptaan barang atau jasa, cara produksinya, cara pemesanan, cara pembayaran, dan menjaga kesetiaan pembeli untuk terus memakai produknya.
4. Awal Terjadinya Inovasi dan Perubahan
Kreativitas menjadi awal terjadinya inovasi dan perubahan-perubahan. Inovasi merupakan hasil pemberdayaan kreativitas tertentu sehingga menjadi sebuah cara, proses, produk, atau sumber nilai baru yang belum ada sebelumnya.
5. Meningkatkan Kualitas dan Taraf Hidup Manusia
Salah satu ciri karya yang kreatif adalah yang memberikan manfaat sosial. Kenapa harus bermanfaat? Jawabannya simpel, karena jika tidak menberikan manfaat, tidak ada artinya. Sebagai contoh, telepon genggam. Sebagai contoh, beberapa tahun yang lalu telepon genggan hanya memiliki fungsi sebagai alat komunikasi saja, tapi sekarang telepon genggam bisa untuk mutar audio, video, radio, perekam, kamera dsb.
6. Meningkatka Kreativitas dan Semangat Hidup
Orang kreatif tidak akan takut kehilangan peluang sebab ia bisa menciptakan peluang sendiri. Mereka yang memiliki jiwa kreatif tidak mudah putus asa untuk mencoba, mencoba, dan terus mencoba meskipun menemui banyak kegagalan.

Saya kira itu yang dapat saya tulis. Mudah-mudahan bermanfaat dan memberi sedikit pengetahuan anda. Pesan saya, mulailah melatih diri menjadi pribadi yang kreatif, yang bermanfaat bagi orang lain.

Advertisements

Tags: , , ,


%d bloggers like this: