Tips Agar Cepat Hamil

Kehadiran buah hati dalam kehidupan rumah tangga suami istri merupakan suatu anugerah dan mampu memberikan kebahagiaan dalam keluarga. Namun, bila si kecil yang sudah dinanti-nanti sejak lama belum juga hadir, terkadang timbul berbagai kecemasan dan kegelisahan yang mungkin saja bisa mengganggu keharmonisan dalam berumah tangga. Oleh karena itu, bagi Anda dan pasangan Anda yang berniat untuk segera memilliki momongan, berikut  cara-cara yang dapat dilakukan agar cepat hamil dan segera mendapatkan keturunan :

1. Periksakan kesehatan Anda dan pasangan Anda (konseling)
Banyak faktor yang bisa menunda kehamilan, diantaranya faktor psikis, faktor genetik, kondisi tubuh seperti kecapean, atau menderita penyakit tertentu. Selain itu biasanya juga terdapat masalah seputar kesehatan reproduksi seperti siklus haid yang tidak teratur, kualitas sel telur dan sperma yang kurang baik, kondisi saluran telur wanita yang kurang baik, adanya infeksi pada sistem reproduksi.

Baik suami maupun istri perlu melakukan pemeriksaan kesehatan seputar masalah reproduksi, tingkat kesuburan dan masalah kecukupan gizi, kesehatan fisik dan psikis ke dokter. Masalah ketidaksuburan (infertilitas) tidak hanya dari pihak istri (40 %), tetapi bisa juga dari pihak suami (40 %) atau kedua-duanya (30 %).

Pemeriksaan kondisi kesehatan sebaiknya juga sudah dilakukan sebelum menikah. Berbagai pemeriksaan fisik, laboratorium dan genetik perlu dilakukan. Dengan mengetahui kondisi kesehatan Anda sedini mungkin, berbagai keluhan yang mungkin saja menghambat kehamilan bisa segera ditangani dan diberikan perawatan yang tepat.

2. Mencari segala informasi yang berkaitan dengan kehamilan
Pasutri yang merencanakan kehamilan sangat perlu memahami segala informasi yang berkaitan dengan proses terjadinya kehamilan, pola hidup yang baik untuk mempermudah terjadinya kehamilan, kapan saat-saat yang paling pas untuk melakukan hubungan suami istri agar terjadi pembuahan/konsepsi, serta hal-hal apa saja yang bisa menghambat terjadinya kehamilan.

Dengan adanya informasi-informasi tersebut, pasangan suami istri bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk merencanakan kehamilan. Klik disini untuk informasi berkaitan dengan kehamilan terpercaya.

3. Lakukan olahraga secara teratur
Olahraga penting untuk melancarkan peredaran darah, membuat tubuh menjadi sehat, bugar, dan membuat pikiran (kondisi psikis) menjadi lebih tenang.

Tubuh yang sehat dan bugar sangat diperlukan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Kondisi psikis yang lebih tenang membantu tubuh menjadi lebih rileks, sehingga kemungkinan (peluang) mendapatkan kehamilan menjadi lebih besar.

Selain itu, kualitas bibit yang baik ditentukan oleh kondisi fisik dan psikis yang baik pula.

Dengan berolahraga Anda juga bisa menjaga berat badan ideal (normal) untuk memperbesar peluang terjadinya kehamilan. Berat badan yang kurang atau lebih akan mengganggu keseimbangan hormon, sehingga mempersulit proses pembuahan/konsepsi. Dan juga bagi pria, berat badan yang tidak ideal akan mengurangi kualitas dan jumlah sperma yang dihasilkan.

4. Makan makanan yang sehat dan bergizi
Makanlah makanan yang sehat dan bergizi seimbang (tercukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) sesuai dengan kebutuhan tubuh.Pantangan bagi wanita yang ingin segera hamil adalah dilarang melakukan diet ketat pada masa pra-kehamilan.

Pada masa-masa prahamil seperti ini, pihak suami maupun istri sangat membutuhkan gizi yang cukup dan bervarisi. Disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan pemicu kesuburan pria dan makanan yang berguna untuk kesuburan wanita.

Pada masa prakonsepsi ini, Anda juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin-vitamin yang bermanfaat bagi kesuburan Anda dan pasangan. Misalnya, asam folat, Vitamin C (melindungi DNA dari kerusakan), Vitamin E (mampu meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita).

Hindari makanan-makanan yang terkontaminasi logam berat dan mengandung Virus TORCH (Toxoplasma, Rubella, Citomegalovirus, Herpes), karena makanan ini akan menghambat proses terjadinya kehamilan.

5. Perhatikan gaya hidup Anda
Anda yang perokok dan sering minum alkohol sebaiknya menghentikan kebiasaan Anda tersebut jika memang berencana ingin segera memiliki keturunan. Karena konsumsi rokok dan alkohol, dan kafein (dalam kopi, teh, coklat) akan menghambat proses pembuahan dan mengurangi tingkat kesuburan Anda.

Selain itu, pola hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi nikotin dalam rokok, alcohol, kafein, dan obat-obatan dapat menimbulkan berbagai masalah pada kehamilan Anda nantinya, seperti kecacatan pada bayi, berat badan bayi lahir rendah, kelahiran premature, dan masalah keguguran. Oleh karena itu, Anda yang sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya menghindari pola-pola hidup yang tidak sehat.

Tenangkan/rileksasikan jiwa dan pikiran Anda. Hindari pula stress dan depresi, karena saat seseorang mengalami depresi akan timbul suatu hormone yang dapat mengganggu system reproduksi. Ini tentunya akan menghambat terjadinya pembuahan.

6. Perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan masalah kesuburan Anda
Bila ingin cepat hamil, wanita harus mengetahui kapan masa suburnya, hal yang bisa meningkatkan kesuburan, dan juga hal-hal yang bisa mengganggu kesuburan wanita.

Begitu pula bagi lelaki, mereka juga harus memperhatikan hal-hal yang dapat meningkatkan kesuburan dan hal-hal yang bisa mengurangi kesuburan pria.

Masa subur merupakan masa yang paling baik supaya bisa cepat hamil. Masa subur adalah masa terjadinya ovulasi atau keluarnya sel telur wanita untuk siap dibuahi sperma. Sel telur yang keluar tersebut bisa bertahan 2-3 hari.

Apabila tidak dibuahi, sel telur tersebut akan mati, sehingga akan keluar sebagai darah haid. Masa subur ini ditandai dengan kenaikan hormone Luteinizing yang dihasilkan dari kelenjar pituitary sesaat sebelum ovulasi terjadi.

7. Lakukan hubungan seksual yang benar
Jika Anda ingin cepat hamil, maka dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual 3-4 kali seminggu.

Hubungan seksual yang terlalu sering bisa menurunkan kuantitas dan kualitas sperma yang dihasilkan. Sebaliknya, hubungan seksual yang terlalu jarang juga berdampak kurang baik, karena bisa menyebabkan sel sperma terlalu matang atau mati, sehingga kemampuan untuk membuahi pun akan menurun.

Sperma bisa bertahan selama 4 – 6 hari di dalam tubuh wanita, sehingga akan lebih baik jika hubungan seksual dilakukan beberapa hari sebelum ovulasi terjadi, daripada beberapa hari setelah ovulasi terjadi.
Lakukan hubungan seksual dengan tenang, di saat yang tepat (masa-masa subur), kondisi yang sehat dan prima.

Saat berhubungan seksual usahakan agar panggul istri diganjal dengan bantal dan setelah berhubungan angkat kaki ke atas selama beberapa waktu agar sperma lebih mudah berenang mencapai sel telur.

Posisi hubungan seksual untuk mempercepat kehamilan sebaiknya adalah laki-laki berada di atas (man on top), dan setelah sperma masuk ke dalam vagina sebaiknya istri tidak segera bangun, buang air kecil (pipis) atau membersihkan vagina dengan cairan pembersih vagina. Membersihkan vagina dengan cairan pembersih vagina akan mengubah keseimbangan PH vagina, sehingga akan membuat sperma tidak dapat bertahan hidup lebih lama untuk bisa mencapai sel telur.

Berbaringlah dulu untuk beberapa saat (sekitar 20 menit). Hal ini bertujuan agar cairan sperma tidak mengalir kembali keluar vagina. Bila terjadi rasa ingin pipis setelah berhubungan, kemungkinan terjadinya iritasi dari muara saluran kencing, dan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Pihak istri juga diharapkan untuk mencapai orgasme (klimaks) saat melakukan hubungan seksual, karena pada saat orgasme vagina berada dalam suasana basa. Sementara dalam kondisi normal, vagina bersifat asam. Kondisi vagina yang terlalu asam, bisa membuat sperma tidak bertahan lama dan mati sebelum bertemu dengan sel telur.

Cara-cara yang sudah dijelaskan di atas merupakan bagian dari ikhtiar/usaha yang harus Anda lakukan bila ingin cepat hamil. Selebihnya pasrahkan semua hasilnya kepada Tuhan. Jangan lupa untuk senantiasa berpikir positif dan selalu berdoa memohon kepada Sang Pencipta yang menguasai segala kehidupan. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Tags: , , , , , , , , , , , ,


%d bloggers like this: